10 Mei 2019, 08:44:16 WIB
Pentingnya Sarapan Sehat untuk Anak

Sebelum beraktivitas, sangat penting untuk memulai hari baru dengan mengonsumsi sarapan yang sehat. Bukan hanya orang tua, anak-anak juga membutuhkan sarapan setiap hari. Namun, anak biasanya mengalami kesulitan untuk menjalankan kebiasaan ini karena belum terlalu memahami manfaatnya.

Selain itu, penyajian sarapan yang kurang menarik bisa membuat anak enggan untuk sarapan. Akibatnya, anak memilih untuk makan makanan yang tidak bergizi. Padahal, makanan yang mengandung nutrisi untuk anak sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhannya.

Mengapa Anak Butuh Sarapan?

Aktivitas utama orang dewasa adalah bekerja. Sementara itu, aktivitas anak-anak adalah bermain. Baik bekerja atau bermain, keduanya dapat menghabiskan energi. Energi tersebut berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, apabila jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh terbatas, aktivitas bisa jadi terhambat.

Demikian pula ketika anak tidak sarapan, kondisi tubuhnya biasanya lemah dan lesu. Apabila sudah sekolah, anak tidak mudah untuk berkonsentrasi. Akibatnya, ia mengalami masalah dalam memahami pelajaran di sekolah. Bukan hanya pada prestasi di sekolah, anak pun akan menjadi pemurung dan kurang bersemangat sehingga dapat berpengaruh terhadap aktivitas sosialnya.

Pilihan Menu Sarapan Sehat

Oleh karena itu, memastikan anak telah sarapan sehat setiap hari adalah kewajiban orang tua. Beberapa jenis menu makanan yang mengandung nutrisi yang tepat untuk sarapan adalah sebagai berikut.

     1. Sereal

Sereal merupakan pilihan sarapan sehat yang praktis. Ada beberapa macam jenis sereal yang baik untuk dikonsumsi, khususnya yang mengandung gandum utuh. Gandum bagus untuk kesehatan karena memiliki banyak serat dan zat antioksidan. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gula dan dan lemak jenuh di dalam sajian sereal tersebut.

     2. Telur

Telur juga baik untuk sarapan karena mengandung nutrisi yang lengkap. Di dalam sebutir telur, ada kalori, protein, dan lemak. Telur juga dapat membuat perut kenyang lebih lama karena mengandung banyak protein. Telur dapat diolah dengan digoreng, direbus, atau cara-cara lain yang kreatif demi menarik minat anak.

     3. Susu

Anak dapat mengonsumsi susu sebagai pelengkap menu sarapan tiap hari. Susu diketahui mengandung berbagai zat penting, antara lain kalsium, protein, kalium, fosfor, Vitamin A, Vitamin D, dan Vitamin B2. Kalsium dan Vitamin D berperan dalam perkembangan otot anak.

Masih banyak pilihan menu sarapan sehat yang bisa dipersiapkan untuk anak. Supaya tidak menyita banyak waktu, pilihlah jenis makanan yang mudah disajikan. Anda juga dapat menyiapkan terlebih dahulu pada malam sebelumnya supaya pengolahannya lebih gampang.

Baca juga: Lawan Anemia pada Anak dengan Mengonsumsi Makanan Ini.