17 Mei 2019, 09:00:52 WIB
Tips Mengenalkan Jenis Pekerjaan kepada Anak

Setiap orang memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Tugasnya pun tidak sama. Salah satu hal mendasar yang perlu dilakukan orang tua adalah mengajak anak mengenal jenis pekerjaan. Tujuannya adalah supaya anak dapat menghargai pekerjaan orang lain. Selain itu, anak juga dapat mulai membangun cita-citanya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengenalkan anak pada profesi tertentu. Berikut di antaranya.

1. Mengamati Pekerjaan Anggota Keluarga

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengajak anak belajar dengan mengamati pekerjaan anggota keluarga. Sebagai contoh, ayah bekerja sebagai seorang guru. Jenis pekerjaan ayah mengharuskannya untuk berangkat kerja setiap pagi. Ayah memiliki tanggung jawab pekerjaan di sekolah, yaitu mengajar murid-murid.

Berbeda dengan ayah yang bekerja di luar rumah, ibu justru tidak harus pergi. Jenis pekerjaan ibu sebagai ibu rumah tangga biasanya lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Meskipun tidak menghasilkan uang, ibu juga tetap disebut bekerja.

Tujuan pengenalan ini juga bermanfaat untuk mengenalkan anak pada tanggung jawab masing-massing orang. Karena tanggung jawab tersebut, anak tidak boleh memandang remeh seseorang, apalagi berdasarkan jumlah uang yang didapatkan. Konsep ini merupakan nilai dasar yang akan membantu anak untuk menghargai sesama kelak ketika dewasa.

2. Mengamati Jenis Pekerjaan di Sekitar

Selain pekerjaan ayah dan ibu, anak juga dapat belajar dengan mengamati jenis pekerjaan di sekitar. Ada banyak orang yang pasti akan ditemui anak setiap hari, misalnya tetangga. Anda dapat menceritakan jenis pekerjaan salah seorang tetangga yang berprofesi sebagai polisi atau dokter. Apa saja tanggung jawab mereka? Bagaimana profesi mereka dapat bermanfaat bagi orang lain?

Selain pekerjaan yang bersifat formal, ada pula jenis pekerjaan yang lain, contohnya petani. Pada zaman sekarang, bertemu dengan petani memang sulit, khususnya jika tinggal di wilayah perkotaan. Untuk itu, Anda dapat mengajak anak untuk berkunjung ke sebuah daerah pedesaan. Lalu, perkenalkan anak dengan profesi ini dan hal-hal penting yang telah dilakukan oleh para petani.

Selain itu, ada pula jenis pekerjaan masa kini yang sudah mulai banyak digeluti, khususnya oleh kalangan milenial, misalnya Youtuber. Anak mungkin sudah tahu secara sekilas melalui media yang ditonton atau lewat pergaulan dengan teman-teman. Tugas orang tua adalah memastikan anak mengetahui tanggung jawab serta konsekuensi dari setiap profesi yang dipilih.

3. Bermain dengan Melakukan Profesi Tertentu

Apakah anak tertarik dengan profesi sebagai polisi atau dokter? Anda dapat mengajaknya berimajinasi menjadi seorang polisi atau dokter. Belikanlah perlengkapan mainan yang identik dengan pekerjaan tersebut, misalnya stetoskop untuk dokter.

Selanjutnya, bermainlah bersama anak sambil mengenalkannya tujuan penting dari setiap pekerjaan. Cara ini akan mendorong anak untuk memiliki sikap dan pandangan yang tepat atas orang lain, meskipun memiliki profesi atau pekerjaan yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Mengenalkan Bangun Ruang kepada Anak.