04 Mei 2017, 15:16:06 WIB
Peran Ibu sebagai Pendidik Pertama bagi Anak

Menjadi seorang ibu adalah hal yang sangat membanggakan karena peran seorang ibu dalam rumah tangga sangat penting. Semakin luas peran ibu di dalam keluarga menjadikan para ibu lebih percaya diri dan semakin bisa mengaktualisasi potensi yang dimilikinya. Apalagi di masa sekarang, seorang ibu dituntut untuk bisa menguasai berbagai macam keahlian. Seorang ibu pada dasarnya adalah ahli dalam segala hal seperti kesehatan, kebersihan, gizi, keuangan, manajemen waktu, pengetahuan dan teknologi serta psikologi. Kesemuanya bukan hanya merupakan ilmu yang didapat dari pengalaman, melainkan juga hasil dari pendidikan formal yang berkualitas. Semakin giat para ibu untuk belajar maka semakin siap ibu untuk berperan sebagai pendidik pertama bagi anak-anaknya.

Pendidikan sejatinya tidak dimulai sejak anak memasuki sekolah formal, melainkan dimulai sejak anak terlahir ke dunia. Rumah adalah tempat pertama untuk anak belajar dan Ibu adalah orang pertama yang mengajari berbagai hal. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang mengatakan bahwa ibu adalah pendidik pertama bagi setiap anak. Peran ibu dalam pendidikan sangatlah kompleks. Selain medidik agar menjadi pintar secara intelektual, ibu juga bertanggung jawab dalam perkembangan aspek psikologis serta kemampuan bersikap anak. Maka dari itu, menjadi ibu terdidik untuk menciptakan anak yang cerdas dan berbudi luhur amatlah penting.

Perlu disadari peran ibu dalam pendidikan anak adalah sebagai stimulus pada setiap fase perkembangannya. Setiap anak dilahirkan dengan membawa potensinya masing-masing yang bisa dikembangkan dengan memberi stimulus yang tepat. Menjadi pendidik bukan hanya dengan berceramah dan menasehati. Bagi anak, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti halnya bermain akan membuatnya mudah dipahami dan membuat anak bersemangat untuk belajar. Oleh karenanya, ibu juga harus tahu bagaimana menggunakan berbagai media untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan tahapan pertumbuhannya.

Menjadi seorang ibu yang terdidik bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain bersekolah, ibu bisa mengambil berbagai kursus, menghadiri berbagai seminar, dan membaca banyak buku mengenai cara mendidik anak. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki oleh ibu, semakin berkembang pula wawasan yang dapat disampaikan kepada anak. Ibu juga dapat membuat variasi belaajar yang lebih menyenangkan, sehingga anak tidak mudah bosan. Selain itu, semangat ibu yang giat belajar seperti meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga bisa menular, dan secara tidak langsung memberikan motivasi anak untuk melakukan hal yang sama di masa yang akan datang.