04 Mei 2017, 15:57:07 WIB
Kiat Mendidik Anak untuk Ibu Bekerja

Menyaksikan setiap detik perkembangan seorang anak adalah impian semua ibu Dalam hatinya pasti setiap ibu sangat ingin menemani anak setiap saat. Namun, hal tersebut menjadi sangat langka bagi ibu yang memilih untuk bekerja. Kesibukan dalam bekerja serta perhatian yang tercurah kepada pekerjaan otomatis akan mengurangi kualitas kebersamaan serta perhatian ibu kepada anak. Hal tersebut seringkali terasa sebagai dilema, karena di satu sisi ibu ingin berperan dalam mendidik dan membesarkan anak, namun disisi lain ada keinginan seorang ibu untuk mengaktualisasi diri dan membantu kebutuhan ekonomi keluarga. Sebagian besar ibu bekerja bahkan mengakui bahwa ia merasa bersalah meninggalkan anak untuk diasuh oleh orang lain.

Hal Yang Harus Dilakukan Ibu Bekerja

Meskipun adanya bantuan orang lain untuk mengasuh anak, namun peran ibu bekerja dalam mendidik anak harus tetap ada. Bagi anak, perhatian orang tua adalah hal yang sangat berharga. Ibu yang bekerja dapat melakukan hal-hal berikut agar anak tidak merasa kehilangan perhatian dan kasih sayang orang tua.

1. Memberikan Tugas

Agar fungsi pendidikan tetap berjalan, ibu bekerja dapat membuat kesepakatan bersama anaknya untuk melakukan tugas selama ibunya bekerja. Hal tersebut dapat dilakukan ibu dengan memberikan tugas untuk mengerjakan tugas rumah, menonton tayangan edukasi, atau membuat prakarya anak yang akan dievaluasi bersama saat ibu sudah pulang bekerja.

2. Meluangkan Waktu

Memiliki waktu yang berkualitas minimal 2-3 jam setiap hari bersama anak merupakan hal yang sangat dianjurkan. Dengan bercengkrama, mengobrol, menemani anak belajar dan bermain bersama setiap harinya diharapkan bisa menjaga hubungan antara ibu dan anak. Mendengarkan cerita anak tentang kegiatannya sehari-hari juga dapat membuat komunikasi ibu dan anak tetap terjalin.

3. Memanfaatkan Hari Libur

Mengambil hak untuk cuti atau memanfaatkan waktu libur adalah salah satu cara untuk ibu agar dapat sepenuhnya hadir bagi anak-anak. Seharian bersama anak akan sangat mengobati kerinduan anak dan ibu. Mempersiapkan waktu cuti yang bersamaan dengan hari libur sekolah atau memanfaatkan hari libur untuk bepergian bersama keluarga merupakan salah satu cara memanfaatkan waktu agar lebih berkualitas.

4. Berbagi Tugas dengan Ayah

Sebenarnya tanggung jawab pengasuhan tidak sepenuhnya berada di tangan ibu. Peran ayah juga sangat penting dalam pengasuhan anak. Oleh karena itu ibu yang bekerja dapat berbagi tugas, berbagi peran, mengatur waktu dengan pasangan untuk mendidik anak. Dengan begitu anak tidak akan merasa kehilangan sosok ayah dan ibu meski kedua-duanya bekerja.

5. Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Ruang gerak yang terbatas bagi ibu bekerja akan menyulitkan ibu untuk bertatap muka dengan anak. Gunakan gadget untuk memonitor tumbuh kembang anak, meski ibu berada dalam jarak yang jauh. Manfaatkan juga media belajar yang memungkinkan orang tua melihat pencapaian belajar anak dengan mudah. Dengan begitu ibu bisa langsung mengetahui ketika anak terkendala dalam menghadapi materi pembelajaran dan dapat langsung memberinya perhatian lebih terhadap kesulitannya.