04 Mei 2017, 09:13:56 WIB
Keburukan Dibalas Keburukan

Seorang bocah duduk di pinggir jalan sambil makan roti. Di kejauhan, dilihatnya seekor anjing sedang terlelap. Bocah itu kemudian memanggilnya sambil mengulurkan tangan yang berisi roti. Anjing mengira bahwa ia akan diberi potongan roti itu.

Anjing itu mendekat untuk mengambil roti. Tapi bukannya memberikan roti, bocah itu justru memukul kepala anijng dengan tongkat yang disembunyikan di tangan yang lain. Anjing itu lari sambil melolong kesakitan.

Saat itu, seorang lelaki berada di jendelanya. Ia melihat perbuatan si bocah. Lelaki itu keluar dengan tongkat yang disembunyikan di belakangnya. Ia memanggil si bocah sambil menunjukkan selembar uang. Si bocah bergegas datang dan mengulurkan tangannya untuk mengambil uang itu.

Belum sampai tangan si bocah meraih uang, lelaki itu memukul tangannya dengan tongkat. Pukulan itu sangat keras hingga si bocah menjerit keras melebihi jeritan anjing tadi.

“Kenapa kamu memukulku, padahal aku tidak mengambil apa-apa darimu?” tanya si bocah sambil meringis kesakitan.

“Mengapa kamu memukul anjing, padahal ia juga tidak mengambil apa-apa darimu? Balasan keburukan adalah keburukan juga,” jawab lelaki tersebut.

Si bocah menyadari kesalahannya. Ia berjanji tidak akan berbuat jahat lagi kepada siapa pun.