9 Tipe Kecerdasan Anak

 

 Bagi orang tua, mengenal tipe kecerdasan anak sangatlah penting. Selain dapat menentukan gaya belajar yang tepat, mengetahui tipe kecerdasan juga memudahkan orang tua untuk dapat menggali potensi anak. Pembahasan mengenai 9 tipe kecerdasan tercantum dalam The Theory of Multiple Intellegence (1983) yang ditemukan oleh Dr. Howard Gardener professor of education di Harvard University.

 

Manakah Tipe Kecerdasan yang Anak Anda Miliki?

1. Kecerdasan Verbal – Linguistik

Kecerdasan yang ditandai dengan menonjolnya kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata secara efektif, baik secara oral maupun secara terulis.

 

2. Kecerdasan Logis – Matematik

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya kemampuan dalam penggunaan bilangan dan pemecahan masalah menggunakan logika.

 

3. Kecerdasan Kinestetik – Jasmani

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya kemampuan untuk menangkap rangsang visual, mengenali bentuk benda secara tepat, serta mempunyai daya imajinasi yang tinggi.

 

4. Kecerdasan Visual – Spasial

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan.

 

5. Kecerdasan Musik

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya ketertarikan pada musik dan suara, termasuk memiliki kepekaan terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik.

 

6. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya kepekaan terhadap orang lain. Anak terlihat memiliki kelebihan dalam membangun hubungan dengan semua orang.

 

7. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya kemampuan bertindak secara adaptif berdasarkan pengalaman diri. Anak dengan tipe kecerdasan ini memiliki konsentrasi yang baik, suka bekerja sendiri, dan cenderung pendiam.

 

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan ini ditandai dengan menonjolnya ketertarikan untuk mempelajari flora dan fauna secara detail, menikmati alam, serta menjaga tanaman dan binatang dengan baik.

 

9. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan menyangkut kepekaan dan pencarian alasan berbagai hal. Anak dengan kecerdasan ini sangat kritis dan gemar bertanya.